CATATAN KLINIK PADA SISTEM SALURAN LIMFE, LIMPA dan SISTEM RETIKULO-ENDOTELIUM


Limfangitis ialah infeksi dan peradangan pembuluh limfe yang dapat dilihat sebagai garis-garis merah di bawah kulit.






Limfadenitis ialah peradangan kelenjar limfe yang terletak di rangkaian pembuluh limfe, biasanya sekunder terhadap infeksi yang terjadi di daerah yang mengirimkan limfenya ke kelompok kelenjar itu, misalnya pembengkakan kelenjar leher pada tonsilitis.

Pembesaran kelenjar aksiler terdapat pada penyakit ganas payudara dan infeksi pada daerah yang di aliri kelenjar ini. masektomil radikal yang dilaksanakan pada karsinoma payudara bertujuan membuang semua cabang-cabang pembuluh limfe yang menampung limfe dari daerah ini.

Limpa dapat robek karena pukulan langsung atau tak langsung, atau terluka karena penusukan atau tembakan. perdarahan yang hebat terjadi karena banyaknya pembuluh yang terdapat pada limpa. hal ini dapat menimbulkan shock karena darah dalam rongga peritoneum menyebabkan iritasi. ada kemungkinan limpa di angkat (splenektomi) pada anemia hemolitik.

Bila limpa membesar maka dapat diraba di bawah batas iga-iga. pada waktu menarik napas, limpa bergerak ke bawah dan medial.





Leukemia yang di anggap sebagai karsinogenik (seperti karsinoma) ditandai dengan produksi leukosit yang terlampau banyak. hal ini diklasifikasikan sesuai dengan jenis leukosit yang terkena: leukemia limfatik atau leukemia mieloid. penyakit ini dapat terjadi pada semua umur, dan paling banyak pada masa kanak-kanak. keadaan ini dapat akut atau kronik, sesuai dengan kecepatan bertambahnya. prognosisnya tidak memberi harapan, pada leukeumia akut, kematian dapat terjadi dalam beberapa minggu, tetapi pasien dengan leukemia kronik dapat hidup beberapa tahun.




^^


DAFTAR PUSTAKA

Pearce, Evelyn. C. 2013. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis, hal 201. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PENERAPAN DARI KARAKTERISTIK GELOMBANG MEKANIK DALAM KEHIDUPAN

MAKALAH TEORI KEPERAWATAN CALISTHA ROY

Makalah Penerapan dari Karakteristik Gelombang Mekanik dalam kehidupan II